Suatu hari, ketika dia sangat pemarah, ayahnya kehilangan kesabaran. "Kemari!" dia memerintahkan dengan suara yang kaku. "Gerutuan dan tingkah konyolmu membuatku kesal, dan tidak ada yang lebih baik bagiku daripada mengirimmu turun ke bumi untuk menjadi manusia biasa. Sayangnya, aku tidak dapat melakukan itu karena kamu telah meminum air kehidupan dan abadi. Tetapi aku telah memikirkan sesuatu yang lain untukmu. Aku akan memilih salah satu dewa muda untuk menjadi suamimu, dan dia akan segera mengajarimu untuk mengatasi perasaan burukmu! "

"Oh, aku sudah tahu seseorang yang bisa menjadi suamiku, Ayah. dewi kecil menangis bahagia. "Siapa itu? "Tuntut ayahnya." Bukan salah satu dari raksasa udara yang mengerikan itu, kuharap. Karena aku benar-benar melarangmu menikah dengan anak salah satu musuhku." "/>
blog post.jpg
SHARE THIS POST

Download Aplikasi Ngedongeng di



Putri Tisna Wati tinggal bersama ayahnya, Batara Guru Yuda, di surga dewa. Sekarang Putri Tisna Wati adalah dewi kecil yang paling cantik dan menawan, tapi dia sama sekali tidak bahagia di surga dewa. Kadang-kadang, ketika dia melihat ke bawah ke bumi, jauh di bawahnya, dan melihat orang-orang sibuk dengan berbagai tugas mereka, dia akan menghela nafas, "Oh, andai saja aku bisa menjadi manusia biasa!" Dan ketika ayahnya pergi untuk berperang dengan raksasa dan iblis di udara, dia akan berduka karena dia tidak bisa pergi bersamanya. Ketika dia kembali, dia akan cemberut sebab sangat merasa sedih dan sakit hati.


Suatu hari, ketika dia sangat pemarah, ayahnya kehilangan kesabaran. "Kemari!" dia memerintahkan dengan suara yang kaku. "Gerutuan dan tingkah konyolmu membuatku kesal, dan tidak ada yang lebih baik bagiku daripada mengirimmu turun ke bumi untuk menjadi manusia biasa. Sayangnya, aku tidak dapat melakukan itu karena kamu telah meminum air kehidupan dan abadi. Tetapi aku telah memikirkan sesuatu yang lain untukmu. Aku akan memilih salah satu dewa muda untuk menjadi suamimu, dan dia akan segera mengajarimu untuk mengatasi perasaan burukmu! "

"Oh, aku sudah tahu seseorang yang bisa menjadi suamiku, Ayah. dewi kecil menangis bahagia. "Siapa itu? "Tuntut ayahnya." Bukan salah satu dari raksasa udara yang mengerikan itu, kuharap. Karena aku benar-benar melarangmu menikah dengan anak salah satu musuhku."

blog post.jpg

Download Aplikasi Ngedongeng di



"Oh, tidak, Ayah, itu bukan salah satu buatas. Dan dia juga tidak tinggal di udara, juga tidak di surga dewa. Dia hidup di bumi. Lihat ke bawah! Kamu bisa melihatnya sekarang. Dia pemuda tampan yang membajak sawah yang terletak di sisi bukit." "Tapi itu anak laki-laki! "Kata ayahnya dengan marah." Dia manusia biasa! Anda tidak bisa menikah dengannya; kamu adalah putri dewa! Anda tidak akan pernah menikah dengannya. Aku tidak akan mengizinkannya!"


"Tapi aku akan menikah dengannya! "Pekik Putri Tisna Wati sambil menghentakkan kaki mungilnya." Aku tidak akan pernah menikah dengan orang lain. Dia akan menjadi suamiku meskipun aku harus meninggalkan tempat ini selamanya.""Dan aku berkata bahwa kau tidak akan pernah menikah dengannya! "Sergah ayahnya." Aku lebih suka mengubahmu menjadi batang padi. Dan izinkan saya memberitahu Anda bahwa secepat mungkin saya akan memilih putra salah satu dewa untuk menjadi suami Anda. Apa kau mengerti? ”

Saat Putri Tisna Wati melihat betapa marahnya ayahnya, ia takut nasibnya akan sama dengan Dewi Sri, istri tercinta Dewa Wisnu, yang tidak menuruti perintah suaminya dan dibunuh olehnya. berubah menjadi batang padi. ??Jiwa tanpa kematiannya yang tinggal di sawah, di sawah. Tapi Putri Tisna Wati tidak selembut Dewi Sri. Dia tidak akan pernah membiarkan dirinya diubah menjadi batang padi. ??Dan yang pasti dia tidak akan pernah , jangan pernah menikah dengan putra salah satu dewa! Dia telah menetapkan hatinya pada manusia muda yang tampan, membajak ladangnya di lereng bukit.

Keesokan harinya ayahnya pergi untuk mencari suami untuknya. Tapi tepat saat dia akan berangkat , kabar datang kepadanya bahwa raksasa di udara dan iblis jahat mengancam para dewa lagi, dan dia harus pergi berperang melawan mereka. "Ketika aku kembali, bagaimanapun, bawa suamimu bersamaku," katanya kepada putrinya.Putri Tisna Wati berkata dengan lemah lembut, 'Baiklah, Ayah. " Tapi begitu dia pergi, dia melompat di atas sayap angin dan terapung turun ke bumi. Angin berbaik hati padanya dan membawanya ke dekat lereng bukit tempat pemuda itu membajak sawahnya.

blog post.jpg

Putri Tisna Wati berkata pada dirinya sendiri, "Sekarang aku benar-benar bisa melihatnya dari dekat. 'Dan dia duduk di lereng bukit untuk menunggu pemuda itu memperhatikannya. Ketika dia berbalik di ujung barisan, dia melihatnya. Dan dia pikir dia secantik penglihatan. Dia mendatanginya dan berkata, bertanya-tanya, "Apa yang kau cari, gadis cantik?"


“Aku sedang mencari suamiku,” kata Putri Tisna Wati menjawab sambil tertawa. Itu adalah jawaban yang sangat aneh sehingga pemuda itu mulai tertawa juga, dan mereka tertawa bersama. Mereka tertawa karena mereka bahagia dan jatuh cinta, dan suara tawa mereka naik ke langit. Itu adalah kehancuran mereka.


Karena ketika suara mereka mencapai tempat di mana ayah Putri Tisna Wati berperang melawan raksasa dan setan, dia mendengarnya. Dia berhenti dan mendengarkan. Itu suara putrinya! Dan suara seorang pemuda yang aneh! Dia membungkuk dan melihat ke arah bumi dan di sana dia melihat putrinya sedang duduk di samping seorang pemuda tampan, dan tawa riang mereka lebih keras baginya daripada suara pertempuran. Ia mengoceh dengan amarah, Batara Guru Yuda menyerah dalam pertempuran dengan musuh-musuhnya dan terbang turun ke bumi. Ketika dia sampai di lereng bukit tempat putrinya duduk di samping pemuda itu, dia bergemuruh, "Ikutlah denganku segera! Aku akan membawamu kembali ke surga para dewa."

Tetapi Putri Tisna Wati tidak memiliki keinginan untuk kembali ke surga para dewa. Dia jatuh cinta dengan pemuda itu, dan cintanya lebih kuat dari keinginan ayahnya. "Tidak," katanya dengan tegas, "Aku tidak akan pernah kembali. Aku lebih suka menjadi manusia biasa dan tinggal di bumi ini bersama kekasihku." "Kalau begitu tetaplah tinggal!" ayahnya meraung marah. "Tapi bukan sebagai putri dewa, dan juga bukan sebagai manusia! Kamu akan menjadi batang padi dan rohmu akan menjadi satu dengan sawah ini." Bahkan saat berbicara, Putri Tisna Wati berubah dari seorang dewi menjadi batang padi yang ramping.

blog post.jpg

Download Aplikasi Ngedongeng di





Ketika batang padi yang ramping membungkuk ke arah pemuda itu, dia mengelusnya dengan jemarinya yang penuh kasih. Membajaknya dilupakan, semuanya dilupakan, dan dalam kesedihannya ia hanya bisa memandangi tangkai anggun yang pernah menjadi kekasihnya Putri Tisna Wati. Ketika Batara Guru Yuda melihat ini, dia diliputi penyesalan. "Aku bisa membiarkan mereka bersama-sama," katanya. "Sekarang aku tidak bisa mengubahnya kembali. Maka dia pun harus tetap untuk menjadi batang padi selamanya, karena jiwanya sudah ada di sini di sawah ini. Tapi, mungkin aku bisa mengubahnya menjadi batang padi juga.

Setelah dia melakukan ini, dia melihat bagaimana kedua batang itu membungkuk ke arah satu sama lain, seolah-olah mereka mengatakan betapa mereka mencintai satu sama lain. Dia memperhatikan mereka beberapa saat, dan menggelengkan kepalanya yang besar. "Baiklah," dia bergumam pada dirinya sendiri, dan terbang kembali ke surga dewa. Dan sejak hari itu, cerita mengatakan, roh Putri Tisna Wati ada di sawah gunung, seperti halnya roh Dewi Sri di sawah. Tapi kemana arwah pemuda tampan itu pergi, tidak ada yang tahu.

blog post.jpg